Tips-tips

Tips-tips Ke singapura lewat Batam .

Murah,  Mewah, wahhhhh….

Mau ke singapura dengan biaya yang agak miring ?  Bisa kok, kan perjalanan kita bisa di maksimalkan jika ada perencanaan yang tepat. jika hendak ke singapura lewat bandara soekarno hatta bisa, tapi fiskal nya aja udah Rp 2. 500.000  belom airport tax nya sekarang dah naik jadi Rp 150. 000 . belom lagi tiket pesawat nya kalo langsung ke singapura lebih mahal. itu semua bukan jalan buntu kok, masih ada cara kalo kita mau jalan ke singapura lewat batam, lebih murah , mewah dan Wahhhh

setalah bikin pasport di kantor imigrasi  selesai  cuma 1 hari jadi , ( ntar ada tulisan menyusul tentang ini ).  akhir nya perjalanan ke singapura bisa terlaksana deh.

pict30653pagi pagi bangun, abis itu beres-beresin pakaian. dan langsung ke bandara Soekarno hatta Jakarta, kalo naik taxi Rp 80.000 sampe dengan Rp 100.000. sampe di bandara langsung bording Pas naik Pesawat Airasia.  ( ini lumayan murah loh. boleh di rekomendasikan buat perjalan ) kalo pesen jauh hari bisa lebih murah.

Setalah bording pas, nunggu sebentar hingga pesawat Takeoff. ternyata banyak juga yang naik pesawat ini. Pesawat nya lumyan bagus kok, jenis Airbus. dapet nomer tempat duduk, langsung deh ambil posisi. . hore akhir nya berangkat.

pict30743Perjalanan di perkirakan 1jam 30 menit, tapi ga sampe 45 menit akhirnya dah sampe juga di bandara hang nadim batam . ( mungkin supir pesawat Batak ( bukan rasis),ngebut kali  yee,, heheheh , sampe bandara langsung foto- foto deh kan buat kasih Info ke masyarakat luas….

abis sampe bandara hang nadim batam. langsung Beli tiket buat kapal Ferry ke singapura, Booking hotel di batam ( karena sampenya dah sore ). dan Booking hotel di singapura, dan kalo beli di bandara hang nadim lebih murah dari pada beli langsung di singapura.

Transportasi di Batam

cimg4967setalah sampe di bandara hang nadim langsung ke hotel yang dituju, dan setalah googling sebelumnya di jakarta,akhir nya Pilihan jatuh pada Hotel 89 batam ( bagus tempatnya dan harga terjangkau ).dari bandara ke hotel naik taxi Rp 75.000 dan transportasi di batam hampir semua nya menggunakan taxi. dan tarif nya dah sama kok semua taxi, jadi ga usah di tawar lagi kecuali kalo anda punya duit nya tipis.  sopir taxi nya juga baik-baik kok dan banyak ngasih info tentang batam dan tempat-tempat mana yang bagus di kunjungi kalo mau ke batam, dan kalo kita bertanya meraka baik-baik kok.

Hotel di batam

Habis perjalanan kurang lebih 20menit dari bandara hang nadim, akhir nya sampe juga di Hotel 89 batam,di wilayah penuin batam deket Nagoya dan batam squere, rate nya RP 265.000 (itu kalo beli di bandara ) . kalo beli langsung ke hotel nya rate nya Rp 295.000 , tapi kalo buat turis asing maksud nya bukan warga negara indonesia lebih mahal Rp 339.000. jadi di sarankan beli langsung aja di bandara. ada counter buat jual Vocer hotel dan ferry ( kalo mau tau nomer nya hub japri saya ) harga-harga rate nya bagus kok.

untuk perbandingan harga hotel-hotel di batam :

  • hotel Formosa                Rp 357.000
  • Grand park Hotel          Rp 225.000
  • hotel Mercure                Rp 450.000
  • Pacific Place hotel        Rp 850.000

pilihan Hotel 89 batam tidak mengecewakan. sarapan nya lumayan kok. dan kamar nya juga bagus. pas lah dengan harga nya. abis sampe di hotel perut laper akhir nya cari makanah di luar hotel. dan hotel nya deket dengan  batam Squere, jadi sebelum makan beli makanan ringan buat perjalanan ke singapur, karena planing nya berangkat jam 6.00 wib , jadi bahan bakar harus di isi penuh, karena sarapan hotel buka jam 6. jadi yaa buat persediaan di perjalanan beli lah makanan di batam squre. abis dari batam Squres makan malem ayam goreng sambel sama di temani oleh es kelapa muda Khas batam… Nyam. nyam nyamm

Perut dah terisi, kemudian kembali ke hotel nyiapin tenaga buat besok perjalanan ke singapura jam 6 pagi. tapi ternyata bangun nya kesiangan jam 7 baru bangun. jadi telat deh naik fery yang jadwal pertama ke singapura jam 6 pagi. tapi ga apa apalah, kan masih bisa sarapan sebentar di Hotel.

Pelabuhan fery Batam Center

cimg4925abis dari hotel langsunglah menuju ke pelabuhan Batam center , naik taxi Rp 50.000, selain pelabuhan batam center ada juga pelabuhan sekupang, tetapi jarak nya lebih jauh dan pastinya tarif taxi nya jadi lebih mahal. sampe di batam center langsung beli tiket di Pelabuhan aja ( kalo saya tadi dah beli di Bandara, kalo mau tau beli nya di mana hubungi japri saya ) buat fery ke singapura, ada jenis kapal wavemaster ,  penguin, dan batam fast.

batam fast kapal nya lebih kecil. jadi bantingan pas di lautnya lebih berasa. kalo wavemaster kapal nya udah agak tua, jadi pilihan saya pada penguin. kapal nya masih lumayn bagus kok, dan  penguin punya kapal banyak. tarif kalo one way $ 16 tetapi kalo PP $ 18 jadi lebih murah kalo belinya sekalian PP, karena kalo beli di singapura bisa beda $20 dari di indonesia.  ditambah tax $ 10 dan bording $ 4 untuk PP. sebaiknya tukur uang di batam atau di jakarta. karena rate rupiah di singapur kurang bagus.

setalah itu ketiket ferry penguin, siapin pasport dan NPWP, kalo tidak punya NPWP bayar fiskal di pelabuhan sekarang Rp 1.000.000 kalo lewat bandara Rp 2.500.000, karena NPWP saya belom jadi, akhirnya bayar juga deh Rp 1.000.000 ( duh uang buat apa aja tuh sama  negara , kok ga kelihatan hasilnya ). setalah tiket sudah di tangan, menuju ke bagian Imigrasi. siapin semua dokumen seperti Pasport, tiket ferry, dan kartu fiskal (yang belom punya Npwp).setalah menunggu beberapa saat di pelabuhan akhir nya Ferry Pingun datang juga , saat nya kita berlayar ke Negeri Sebrang….  Perjalanaan dari batam Ke Singapura di tempuh dalam waktu 1 jam.   perlu diingat bahwa beda waktu antara indonesia dan batam 1 jam, jadi majukan jam anda 1jam lebih awal.

Harbourfront Ferry terminal

Perjalanan dari batam center menuju harbourfront ferry terminal Singapura di tempuh dalam waktu 1 jam, dan sekali lagi saya ingatkan untuk memajukan jam anda 1jam lebih cepet dari waktu di indonesia. karena orang di Singapura terkenal On time dan semua transportasi di Negeri singa ini Sangat menghargai waktu dan ketepatan.

sampe di Harbourfront ferry terminal anda masuk ke bagian imgrasi yang bertuliskan All Passport atau kalo anda warga negara Singapura langsung masuk ke barisan Singapura resident ( ini lebih cepet ) .

di Imigrasi singapura anda akan di tanya untuk berapa lama ke Singapura?  dan  Tinggal di mana sewaktu di Singapura?  , jadi saya sarankan anda membeli hotel terlebih di batam, karena jika anda tidak bisa menjawab pertanyaan nya, maka anda akan di Tahan dulu di kantor imgrasi Siangapura. Oh iya anda jangan membawa benda-benda cair yang berlebihan atau barang-barang elektronik yang berlebihan, karena ini akan mempersulit Perjalanan Anda. Dan satu lagi yang lupa, kalo Anda Berjenggot dan Memakai celana yang agak gantung ( maaf bukan SARA ) maka anda akan dikira teroris dan perjalanan anda terhambat di Kantor Imigrasi .

Transportasi dari Harbourfront ke Pusat Kota Singapura

pict3195Setelah urusan di Imgrasi dan screening barang selesai makan anda akan menuju harbourfront center. gedung ini jadi satu dengan Pelabuhan nya. dan di sebelah nya ada Vivo city yang merupakan pusat entertaiment dan belanja yang mewah di singapura.

Transportasi dari harbourfront ke pusat kota singapura sangat mudah, anda bisa menggunakan MRT ( Sejenis Kereta Bawah tanah, kalo di indonesia kaya busway gitu deh .) dengan turun kebawah tanah  menuju MRT  station. karena ini pertama kalinya buat saya, maka saya agak sedikit kebingungan mau ke mana dan hendak bertanya siapa?? . orang di singapura kebanyakan menggunakan bahasa mandarin. dan bahas Inggrisnya agak ga jelas gitu, istilah di Singapura ( Singlish = Singapura English ) . untung ada yang bisa bahas melayu sikit-sikit jadilah awak tertolong.. heheheh

PICT3137

sampe di harbourfront ( NE1) beli tiket Khusus buat turis/ Singapore Turism Pass $24 untuk 2 hari . $36 untuk 3hari. dan kartu ini bisa diisi ulang. ( ingat kartu ini jangan sampe hilang, karena anda ke mana mana akan mengunakan kartu ini sebagai Smart card di singapura.

jika anda hendak menggunakan taxi,maka anda tinggal keluar harbourfront center menuju antrian taxi di depan mall.  Atau jika ingin naik bis, maka anda bisa menggunakan bis 65 dari harbourfront ke orchard Road.

Orchad road

Belom ke Singapura rasanya kalo belom ke orchad road. di sini banyak sekali pusat perbelanjaan dan hiburan dan ini lah pusat kota nya. di Orchard Road anda bisa ke Tangs, Wisma Atria, Ngee Ann City, Paragon dan The heeren. ini merupakan pusat Shopping center nya singapura .

menuju orchad road bisa di tempuh dengan menggunakan MRT dari HarbourFront (NE1)  menuju Dhoby Ghaut ( NE6 / NS24) , dan anda pindah ke interchange Station menggunakan MRT lajur Merah menuju Orchad ( NS22).

Kembali Ke Jakarta Via Batam

setalah puas berkeliling singapura. akhirnya pulang ke Jakarta lewat batam, caranya sama seperti  tadi anda berangkat, tiba di harbourfront anda menuju lantai 2 tempat ferry melakukan pendaftaran, dan usahakan 1 jam sebelum ferry berangkat, anda sudah sampai di sana.

siapkan pasport dan dokumen pendukungnya, dan anda harus membayar boarding pas $ 12 per orang. setalah itu anda bisa mengurus bagasi anda. dan menuju pelabuhan batam center.

setalah di pelabuhan batam center anda bisa ke bandara hangnadim  Batam dengan menggunakan Taxi Rp 70.000. sampe di bandara melakukan bording pass dan masuk ke bandaranya bayar Rp40.000 untuk airport tax. dan anda bisa langsung ke ruang tunggu untuk masuk ke pesawat.

Tips – tips yang perlu diketahui sepanjang Perjalanan Anda.

  1. Siapkan dokumen- dokumen Perjalanan anda seperti ( Pasport, NPWP, KTP, Tiket Pesawat, tiket ferry, Tiket Hotel ) Jangan sampe hilang karena akan berakibat fatal.
  2. siapkan Kondisi fisik anda, karena ini merupakan perjalanan Ke negeri orang dan jika anda sakit maka perjalanan anda akan tergangu.
  3. Siapkan Mental Anda. Singapura berbeda dengan indonesia , semua nya teratur dan tepat waktu selain itu ada banyak tempat yang belom pernah anda kunjungi, jika anda melakukan perjalanan dengan Pasangan Atau teman anda. maka jika mental anda capek hal  ini akan mengakibatkan kesalah pahaman diantara anda.
  4. siapkan Dollar Singapur anda. karena rate Rupiah kurang bagus di singapura.
  5. Taati semua peraturan yang berlaku di Negara singapura, seperti dilarang buang sampah sembarangan ( singapura negara yang bersih ) akan di denda $8.000 atau Rp 80.000.000 dan membawa makanan atau minuman selama di MRT atau di Public area akan di denda $ 10.000 atau Rp 100.000.000
  6. Anda harus menghemat untuk makan dan minum. makanan dan minuman di singapura sangat mahal. dan di sarankan untuk membawa perbekalan dari Indonesia yang secukupnya tetapi tidak berlebihan.
  7. Malu bertanya sesat di jalan. Kalo Kebanyakan nanya, jalan-jalan deh jadi nya, kalo anda baru pertama kali sebaiknya menggunakan tour guide. ( saya juga ga keberatan kok kalo di minta jadi Tour Guide nya, Asal di sediakan tiket pp dan akomodasi nya, serta kalo waktu saya available bisa aja kok kontek saya )  kan perjalanan anda bisa lebih seru.
  8. Udah jangan lama-lama baca blog ini. cepet booking tiket pesawat dan hotel. Ambil Hp dan hubungi saya atau kirim ke email saya jika anda ingin Ke Singapura yang MURAH, MEWAH dan Di jamin WAHHH……..

Tetap ManTaB menjalani Perjalanan anda

salam MANTAB ( Manusia Tanpa Batas )

Mario Einstain

16 pemikiran pada “Tips-tips

  1. To mas Yani afrianto

    kesingapur engga terlalu mahal kok, kalo kita tau trick nya dan tergantung berapa hari anda di Singapur. semuanya bisa di kalkulasikan tergantung Budget kita..

    Salam ManTaB
    Mario einstain

  2. Mas, mulai jan 2009.. kalo punya NPWP gak perlu bayar fiskal dan lagi sekarang sudah ada rute Air Asia langsung ke singapura.. Jadi tidak perlu lagi lewat Batam untuk menghemat biaya..

    Thanks

  3. pertanyaan sama kayak pak arif nihh…
    jadi total minimal budget jalan-jalan ke singapura berapa ya?
    kok ga ditampilin disini…
    dari rumah – singapur – rumah lagi = Rp….. ?

  4. Mas, seru deh baca cerita nya. Rencananya bulan oktober ini saya dan teman mau ke singapur lewat batam. Tapi sayang nya mas ga nginep ya di singapur? karena saya belum dapet penginapan yg murah meriah tapi aman, di singapur nya. Boleh minta saran ga, tempat menginap di singapur? Terima kasih ya mas.

    dyah p

  5. To dyah P

    Saya di singapur nginap di dikson road nama hotel nya “Hotel81″
    hotel nya lumayan bagus kok. tapi saya sarankan beli voucer hotel nya di batam aja, karena kalo langsung dateng ke Hotel81, rate nya akan di kenakan rate internatioanal..

    Semoga bermanfaat

    mario einstain

  6. Mas, mau tanya2 lagi, klo hotel 89 yg di Batam itu, di daerah apa ya? Termasuk hotel yang aman dan bukan hotel yg “aneh2″kan??
    Maklum denger2 reputasi hotel di batam agak2 ‘aneh’.
    Terima kasih ya mas.

  7. To dyah P

    Hotel 89 didaerah penunin deket Nagoya. Itu Hotel Bintang 4 international, dan saya rasa tamu yang menginap di sana dari kalangan yang baik-baik. kalo yang aneh2 saya ga tau. saya kan bukan orang aneh. masa kalo hotel yang aneh2 saya mau nginep di sana. ga kelas buat saya… hehehhe

    Salam MANTAB
    Mario einstain

  8. Mas, emgnya bener ya klo pas kita lg naik MRT gk boleh bau makan and minuman? tp klo kita abis belanja buat bekel di hotel gmn tuh? masa mesti dibuang sih….. :D

  9. Mas, emgnya bener ya klo pas kita lg naik MRT gk boleh bawa makan and minuman? tp klo kita abis belanja buat bekal di hotel gmn tuh? masa mesti dibuang sih….. :D

  10. To zaara

    memang bener tidak boleh bawa makanan dan minuman selama di MRT dan jika kita makan dan minum di MRT maka di kenakan denda $5000( Singapore dollar), kalo bawa makanan dan minumannya di masukin kedalam tas sih ga apa apa…

    sebaiknya kalo di sing harus menjaga kebersihan kota nya, kalo kita buang permen karet atau makanan sembarangan aja juga bisa kena. jadi ketahui dulu perarturan yang ada di sana sebelum Anda berangkat..

    Salam MANTAB

    Mario einstain

  11. Mas,
    Mau tanya dong beli tiket ferry batam-sing yang murah dimana ya??lebih baik beli langsung pas kita di batam atau pesan jauh2 hari??

    Trims

  12. Hi Mas Mario,

    Salam kenal,saya br baca blog anda. Trims atas info2nya bermanfaat sekali terutama bagi saya dan klrg yg akan berpergian ke sana dlm waktu dekat

    mau tanya nih,saya kan rencana menginap di hotel swiss inn (dulu namanya island garden kl tdk salah). Itu didaerah baloi sepertinya kl lihat dipeta dekat dgn daerah penuin tmpt hotel mas Mario menginap ya?apa Mas mario tau ttg hotel itu??

    Mario said “saya belom mengetahui tentang Hotel itu karena saya belom pernah kesana. Coba kamu tanya sama yang sudah pernah kesana”.

    krn saya cm search dr internet saja tadinya mau booking lewat air asia tp tnyt lebih murah booking kl tlpn lgs ke hotelnya.

    Mario said ” lebih murah lagi kalo kamu beli voucer hotelnya dibandara Hang nadim Batam”.

    Trus kl tarif taxi dari daerah tsb ke bandara batam mungkin kurang lebih sama ya sekitar Rp 75rb?

    mario Said ” ya , taxi dibatam Hampir sama Rp 75ribu”

    Kmdn utk beli tiket ferry punya referensi tempat beli tiket ferry yang murah ngga?? ” Kamu beli tiket ferry nya di Bandara Hang nadim aja lebih murah ada “Penguin” sama “Batam fast” saran aku naik penguin aja. kapal nya lebih bagus.

    bayarnya lgs pake dolar sing ya? “tergantung, kalo beli di bandara bisa pake dollar sin atau rupiah. bagus nya tuker aja dulu sama dollar sin.

    trus pasti ga akan keabisan kan kl lgs beli dipelabuhan?atau harus pesan jauh2 harikah??’ Saran nya beli di bandara hang nadim aja, kalo di pelabuhan lebih mahal dibandingkan di bandara . Tiket ferry itu bisa dipake sampe jangka waktu 1 tahun, jadi ga usah takut kehabisan.

    krn sy rencana pergi di hari sabtu khawatir penuh. Tiketnya itu ada nomor2 tempat duduk atau bgmn ya krn bersama orang tua kasian kl tdk dpt tempat duduk hehehe.please sarannya ya utk pembelian tiket ferry ” tiketnya .open tiket, maksudnya bisa dipake tanggal berapa aja dan tempat duduknya bisa milih dimana aja.kalo saya sih suka di atas kapal ,bisa melihat pemandangan.

    oiya berarti kl saya nginap di hotel daerah baloi lebih dekat ke batam center dong ya drpd ke sekupang? ” lebih baik kebatam center. kalo kesekupang lebih jauh..

    Mohon penjelasannya yaa maaf banyak bgt ya pertanyaannya hehe maklum br pertama kunjungan ke batam & sing. ” udah dijelasin semuanya kan. heheh. jangan lupa oleh-olehnya buat saya kalo udah ke Singapura..

    Terima kasih yaa ” Sama-sama”

    Salam, (mario said “Salam MANTAB “)

    Debby

    Mario Einstain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s