TEROBOSAN FINANSIAL

Di pagi hari yang cerah dan sinar matahari yang menantang. Saya berjanji untuk bertemu dengan salah satu penulis hebat dari surat kabar terkemuka di negeri ini.saya ingin belajar banyak tentang keahlian menulis dari dia. Dia adalah seorang penulis hebat dan berbakat yang di miliki oleh negeri ini.Yang menjadi pertanyaan saya dalam hati ialah “mengapa orang sehebat dia tidak terkenal dan hidup sangat berkekurangan dalam hal keuangan?”.

Perbincangan saya dengan penulis hebat itu sangat mengasikan,dan saya sampai pada pemahaman bahwa kadang-kadang bakat yang hebat serta kemampuan yang luar biasa,tanpa disertai pengetahuan tentang menjual bakat dan keterampilan yang baik adalah sesuatu kebodohan.

Ada begitu banyak kita temukan orang –orang pandai,pintar,hebat dan bahkan memiliki kemampuan luar biasa dibandingkan orang-orang pada umumnya.Yang masih berkelut pada kekuatan koorporasi dalam bidang keuangan,dan biasanya orang seperti ini selalu kekurangan dalam hal finansial bahkan terjerat pada kemiskinan.

Sama hal nya dengan penulis hebat pada salah satu surat kabar yang saya temui.Tiap bulannya dia berkelut untuk bisa bebas dari belunggu ekonomi yang sangat menyesakan.Saya menyaran kepada penulis itu untuk belajar tentang penjualan dan marketing,tetapi dia malah menjadi marah kepada saya.Katanya “ Saya ini bukan lulusan fakultas ekonomi atau sekolah bisnis.Tetapi saya hanya lulusan sekolah jurnalistik.”.lalu saya menanggapinya ucapannya dengan berkata “loh kenapa salah mempelajarai ilmu penjualan dan marketing,apakah berdosa jika lulusan jurnalistik mempelajari ilmu tentang penjulan dan marketing.

Coba anda perhatikan Robert T kiyosaki.Dia sebenarnya bukan penulis hebat seperti kebanykan penulis di Indonesia.Robert T Kiyosaki hanya seorang penjual yang baik.Dia mampu menjual ide atau gagasannya kepada orang banyak dan mampu mengkomunikasikan bakat dan kelebihannya dengan cara yang tepat,orang yang tepatdan waktu yang tepat.Maka tidak heran bukunya menjadi bestselling di seluruh dunia,bukan menjadi bestwriter.

Buku pertama yang ditulis Robert T Kiyosaki dengan judul “If You Want To Be Rich And Happy,Don’t Go To School”.Penerbitnya mengusulkan untuk mengganti judulnya menjadi The Economics Of Education.Robert T Kiyosaki mengatakan kalo judulnya diganti seperti itu,kemungkinan bukunya akan laku kepada dua orang saja.Pertama kepada kelurganya dan kedua kepada sahabatnya.Dan kedua orang tersebut pasti mengharapkan bukunya diberikan gratis dari Robert.

Robert T Kiyosaki bukan anti terhadap pendidikan ekonomi dinegaranya.Dia malah mendukung usaha peningkatan pendidikan finansial di Amerika Serikat,tetapi apa yang akan terjadi jika dia tidak dapat menjual ide atau gagasan dalam buku nya.Jika dia tidak belajar tentang penjulan dan marketing,mana mungkin bukunya menjadi bestseller diseluruh dunia.Dan jika Robert T kiyosaki tidak belajar tentang penjulan dan marketing,mungkin kita menemui Robert dipinggir jalan sebagai pengemis karena tidak bisa membiayayi kebutuhan keluarganya.

Contoh lain artis dunia yang terkenal dan memiliki bakat dan keterampilan yang hebat Vincent Van Gogh. Dia adalah sosok penjual yang payah.Dalam hidupnya dia tidak menjual satupun karyanya kepada orang lain,bahkan untuk membiayayai pernikahannya pun ia tidak mampu.Dan sampe akhir hidupnya dia tidak menikah dan hidup miskin.

Vincent Van Gogh hidup dari pemberian saudaranya.Dan bahkan saudaranya menjadi jauh lebih kaya dari sebelumnya karena dia memberi penghidupan kepada Van Gogh.Inilah letak kekuatan memberi.Memberi pasti menerima.

Belajar dari kedua tokoh terkenal Robert T kiyosaki dan Vincent Van Gogh serta temen saya yang berprofesi sebagai penulis hebat disalah satu surat kabar terbesar di negeri ini. Ada beberapa hal yang harus kita pelajarai untuk bisa mencapai Terobosan Financial ( Financial Breakthrough) :

1. Manage Your Financial Cash Flow

Pengaturan arus kas yang baik dapat menghindari anda dalam kesulitan keuangan.Baik keuangan secara global (Perusahaan dan Bisnis) atau keuangan di dalam kehidupan keluarga anda.

Pribadi yang bijak adalah seorang yang mampu mengendalikan arus kas dalam kehidupan keuangannya sehari hari.Kita harus mampu memiliki uang kas yang cukup untuk kehidupan kita minimal 3 bulan kedepan,tanpa mengurangi gaya hidup kita, maka kita sudah bisa dikatakan bebas secara financial.

Ada banyak pandangan yang mengatakan bahwa pengeluaran kita harus ditekan semaksimal mungkin,sebenaarnya ini merupakan kesalahan yang sangat fatal.Sebenarnya bukan pengeluaran nya yang kita irit-irit sampe kita tidak bisa menikmati hidup ini,dan bahkan menyembah-nyembah uang sebagai dewa kita karena kita membutuhkannya.Yang betul ialah kita harus meningkatkan pendapatan kita semaksimal mungkin tanpa mengurangi gaya hidup kita sehari hari,jika anda sudah mampu menerapkan hal ini maka terobosan financial di dalam kehidupan keluarga anda akan tercapai.

2. Manage Your System

Orang yang kaya raya dan sukses adalah orang yang pandai mengatur sistem,karena alam semesta bergerak menggunakan sistem. Sama seperti kehidupan ini.Orang yang pandai mengatur sistem dan belajar kepada alam semesta adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menjadi kaya raya dan sukses.Adapun sistem yang harus kita control untuk mencapai kesuksesan baik di organisasi (Perusahaan dan Bisnis)atau pun keluarga ialah :
a. Sistem Operasional.
b. Sistem keuangan.
c. Sistem penjulan atau marketing.
Baik anda sebagai pebisnis atau karyawan biasa.Anda harus mampu mengatur sistem yang ada.Karena tanpa adanya sistem,maka segala sesuatu akan berjalan dengan kacau dan tidak teratur,dan jika anda mampu mengatur sistem yang ada.Maka perusahaan atau bisnis serta keluarga anda dapat mencapai terobosan financial dengan optimal.

3. Manage Your Relationship

Hubungan yang baik dengan siapa saja dapat menjadikan anda pribadi yang kaya raya dan sukses.Begitu juga dengan perusahaan yang baik adalah perushaan yang mampu menjaga hubungan yang harmonis antara supplier dan pembeli,jika kedua hal ini berjalan dengan lancar maka keuntungan perusahaan akan meningkat.Sama hal nya dengan diri anda.Jika anda sebagai pekerja atau karyawan.Pekerja yang bisa kaya raya dan sukses adalah pekerja yang bisa menjaga hubungan yang baik dan harmonis dengan sesama rekan kerja dan atasan anda,serta berprilaku menyenangkan kepada semua orang yang ada di kantor atau lingkungan anda berada.

Begitu pula dengan kehidupan pribadi keluarga anda.Keluarga yang harmonis dan sukses adalah keluarga yang dapat menjaga hubungan yang erat dan saling terbuka diantara semua anggota keluarga,tanpa ada sesuatu yang di tutup-tutupi dan saling mengasihi sesama anggota keluarga.selain itu keluarga yang sukses dapat kita rasakan dengan memiliki kerinduan untuk cepat-cepat pulang kerumah dan bertemu dengan seisi keluarga karena sudah kangen dengan anak-anak,dengan kakak,adik ataupun orang tua kita.

Apapun pekerjaan anda sekarang.Baik anda sebagai Karyawan, Tukang Parkir, Penulis, Petani, Penjual jamu, Tukang becak, Presdir, CEO, Owner Perusahaan , Pejabat, Mentri bahkan Presiden sekalipun.Anda harus memiliki Terobosan finacial dalam kehidupan ini.Karena dengan memiliki spirit ini maka kebebasan keuangan akan mengantarkan anda menjadi pribadi yang bukan hanya menang dalam kehidupan ini. Tetapi dapat menjadikan anda pribadi yang lebih dari pada pemenang (More Than Champion ) menghadapai kehidupan ini.

Bagaimana Pendapat Anda?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s