Seberapa penting Arti sebuah Musik dalam hidup Anda?

Pada suatau acara keagamaan di gerja. kebetulan temen saya tidak bisa main musik sama saya, dan saya harus mencari penggantinya, dan di suruh pula mencari additional player buat main saksofon.

setelah telpon sana -telp sini,akhrinya ketemu juga temen yang bisa main.

tiba saat nya kita perform, dan acara demi acara berjalan dengan semestinya, saya lihat antusias orang-orang yang datang. mengikuti dentuman dan ikut bernyanyi bersama kami. saya rasa acara ini berjalan dengan baik dan mendapat sambutan..

tapi setelah acara selesai, kemudian temen saya yang main saksofon ini ingin pulang, kemudian panitia menghampiri saya guna memberikan uang atas penampilan kami yang telah membantu menyukseskan acara tersebut.

tapi apa yang saya lihat…….

saya sempat diam sejenak. dan sempet syok melihat panitia memberikan uang Rp 25.000 kepada temen saya ini, dan saya jadi malu kepada temen saya, kok nilai sebuah karya di hargai cuma rp 25.000..

marah, kesel, jengkel campur aduk deh, di batin saya.

udah jelas-jelas kita bantu dia dan acara nya berhasil dengan baik, tapi cuma Rp 25.ooo. apa lagi yang memberikannnya saya kenal memiliki Pabrik yang besar di kawasan tangerang dan omset nya milyaran, tapi kenapa dia menghargai karya musik yang indah hanya begitu saja….

mau saya lempar uang itu bersama temen-teman. kalo cuma Rp 25.000. saya bisa memberikan kepada dia,bahkan lebih dari itu bisa saya berikan. begitu rendah nya apresiasi musik nya kepada musisi. coba bayangkan saja. alamat musik yang kamu bawa saya harga nya sudah jutaan rupiah , belom di tambah lagi skill yang kita punya tidak hadir begitu saja dengan gratisnya, kami belajar dan kursus musik saja sekali pertemuan 45menit bisa sampe Rp 150.000. masa kami cuma di hargai segitu….

gondok banget nih sama panitianya, dan dia seenaknya ngomong di depan kita kan ngga perlu mahal-mahal buat musik….. kurang ajar nih orang. mau aku lempar pake cymbal yang aku bawa……tapi gimana yaa….ini lah kurangnya apresiasi pada kesenian, terutama dalam hal bermusik.

orang indonesia masih menganggap musik sebagai keperluan yang tidak berarti , bahkan banyak orang tua yang melarang anak nya untuk belajar musik dan menjadikan musik sebagai sandaran hidup nya.. termasuk orang tua saya dulu. sekarang sudah ngga sih. udah tau kalo anak nya bisa serius sama musik.

lain hal nya di negara german dan eropa yang lainnya, yang menganggap musik sebagai karya yang patut di hargai dan di apresiasi tinggi,dan tak tanggung-tanggung menganggap pekerjaan sebagai musisi adalah pekerjaan bergengsi, lain hal kalo di indonesia…duh malu banget jadi warga negara Indonesia,,,,,tapi jangan malu dong, kalo kita malu,siapa lagi yang mau banggain Musik kita.

musik indonesia kaya sekali akan pesan-pesan moral di dalam nya.dahulu saya belom mengetahui hal ini, tetapi belakangan mata saya terbuka, setalah di ajak oleh om saya balik ke kampung,tepat nya di danu toba, wah keren sekali musik nya dan saya belom pernah melihat penampilan bermusik seperti itu sebelumnya di jakarta. maap bukannnya Rasis, tapi pengalaman yang saya temui menunjukan kepada saya. siapa sebenernya bangsa ini, indonesia kaya sekali akan Musik ,dan terutama etnomusikologinya.. dan kalo bukan kita yang menghargainya siapa lagi ..

Seberapa penting kah arti sebuah musik dalam hidup anda?

6 pemikiran pada “Seberapa penting Arti sebuah Musik dalam hidup Anda?

    • saya mau kenal kan nama saya gerry,,

      saya sangat terharu sekali dengan ceritanya, saya juga pernah mengalaminya,,
      tapi di seculer,,, upah yang saya dapat hanya cukup makan sehari saja,,,,!!!
      band lokal tak ada arti dibandingkan band luar,, sebenarnya sama saja warna musik yang dimainkan,,, tidak ada bandingnya,, namun namanya lokal,, selalu di rendahkan,,

      tapi sekarang saya terjun kedunia musik yang rohani, saya selalu pelayanan kegereja2 mana pun,, disitu saya melihat betapa indahnya musik alunan untuk tuhan,, semua bersorak sorai , disitu saya mengenal namanya berkat ,,
      mau di bayar atau tidak , upah saya lebih besar disurga,
      jadi saya sekarang terus bersemangat sekali pelayanan untuk tuhan itu lebih penting
      dari pada memikirkan hidup di dunia luar,,, lebih baik kuat hati dan iman dengan tuhan , da tuhan akan memberi kelancaran dalam bermusik saya…
      kayanya , itu saja yang saya bisa berikan,, karna bermusik di gerjea ada lah hal yang mulia,, tak ada yang bisa mengupahi terkecuali GOD… amien

  1. To samuel.

    dalam hal ini kita kerja profesional. dan ada biaya yang kita kelurkan untuk semuannya itu. dan Setiap pekerja layak mendapatkan upah.

    salam ManTab
    mario einstain

  2. Dear kak Mario..
    salam kenal..

    (kak, qta sharing boleh yah ??🙂

    Menurutku apa yg kk alami dan temen2 pernah dirasakan oleh orang lain. saya memang gak bisa maen musik tp di kasi kepercayaan sebagai panitia ibadah pemuda di greja.
    begitu salah satu pemusik gk bs dateng, panik?? jelass..
    tp, selalu ada jalan keluar dengan menghubungi beberapa temen dan ada yang bersedia. Puji Tuhan.
    dan greja kami tidak pernah memberikan uang kepada para pelayan ibadah.
    jika kita pikirkan, memang ada harga yang harus di bayar mahal untuk sebuah karya, apresiasi.
    tp, menurutku kak, kembali ke pribadi kita masing2 bagaimana kita menanggapinya.
    jika pada saat itu, Bapak itu tidak bisa memberikan apresiasi kepada team kk dengan baik, mungkin itulah yang bisa bapak itu lakukan walau jika kita lihat bapak itu bisa memberikan lebih baik dari itu,
    ya, kita doa kan bapak itu supaya dilain waktu bisa membagikan berkat2 yang sudah diterimanya.

    klo kt team musik ku kak : untuk Tuhan tidak perlu itung2an
    biarlah Tuhan yang menghitung dan menambahkannya.
    melalui pekerjaan kita, karir kita, study kita atau melalui yang lainnya.

    U/ team musik kak Mario, Semangat yach..
    ” Jangan Lelah bekerja diladangnya Tuhan,..”

    mengenai arransemen musik gondang, seru juga tuch kak..
    kami lg belajar juga untuk bisa memainkan musik tsb.
    walau agak susah tp tetap harus berusaha dan yakin kita pasti bisa.

    chiayooo..

    * bg hidup saya, musik penting dan tergatung kepada kepentingannya. karna gk semuanya harus pake musik..hehehe.., klo lagi sate gk pake musik. bagi saya lagu lebih penting daripada musik *

    terimakasih kak,

    salam,

Tinggalkan Balasan

