The Power Of Smile

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.
-Kitab Kehidupan-
Satu saat saya berkesempatan untuk berkenalan dengan drummer international asal USA , Lenny Castro, tepatnya di acara festival musik jazz terbesar di dunia yang diadakan di Indonesia . Saya sungguh senang sekali berada disamping dia. Untuk ukuran artis kaliber internasional yang ternama, karakter dan sikapnya sangat humble dan patut dicontoh terlebih oleh para artis lainnya. Bahkan saya lebih senang lagi, ketika dia mau menjadi teman dan guru terbaik saya
Kami berdua berbicara panjang lebar tentang karier dan kelurga kita masing-masing. Dia sempat menunjukkan beberapa foto keluarganya beserta istri dan anak-anaknya. Waw……sungguh keluarga yang sangat harmonis dimata saya. Tak mau kalah, saya langsung menunjukan foto ayah dan ibu serta kakak serta adik saya.
Sahabat saya ini langsung terheran-heran. Menurut dia, tidak semua orang membawa foto ayah dan ibunya didalam dompet. Biasanya orang-orang lebih suka membawa foto artis terkenal didalam sakunya. Setelah melihat foto ayah dan ibu saya, teman saya ini langsung bertanya,“Kenapa foto ayahmu tidak tersenyum?” Mmm… saya berpikir sejenak. Benar juga ya apa yang dikatakannya. Tetapi, maklumlah. Ayah saya memang jarang sekali mau di foto dan itu adalah foto pertama kali dia berpose dengan seluruh keluarga. Kalaupun difoto, ayah saya jarang tersenyum pura-pura. Dia lebih suka apa adanya.
Ayah saya juga jarang berbicara banyak tentang perasaannya kepada anak-anaknya. Mungkin inilah salah satu sikap sebagai ayah yang tidak mau anak-anaknya susah dan pusing memikirkan pekerjaan dan masalahnya. Memang berat sih sebagai kepala keluarga yang hanya berpenghasilan dari pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil biasa. Tetapi pengabdiannya kepada pekerjaan dan keluarganya sangat besar,
Ayah…tersenyumlah. Itulah harapan yang saya impikan bersama keluarga ketika berfoto. Susah sekali senyumnya saat difoto. Tapi itulah ayah saya yang sangat peduli dan sangat perhatian kepada anak-anaknya.
Senyum mungkin terasa simple dan sepele. Tetapi hanya dengan menarik 1 milimeter pipi kita, dapat merubah seluruh hidup kita dan orang lain dapat merasakan juga energinya.
Begitu pula dengan keberadaan kita di masyarakat. Hati kita boleh sekeras baja tetapi muka kita harus senyum dan ramah kepada orang banyak. Karena senyuman dapat memberikan kesan yang baik saat anda bertemu dengan orang lain dan orang yang bertemu dengan anda juga akan merasa diterima dan dihormati.
Mungkin masalah yang anda hadapi saat kini sangat banyak dan berat, tetapi hanya dengan satu senyuman dapat memberikan arti yang berbeda kedalam hidup anda.
Inilah kunci kekayaan dan kesuksesan sejati yang harus kita praktekkan dalam kehidupan kita setiap hari. Seperti halnya dalam pekerjaan dan potensi kita. Hanya orang yang bersikap ramah dan murah senyumlah yang dapat diterima oleh orang lain.
Dalam dunia bisnis, mana partner yang akan anda ajak kerjasama? Yang murah senyum dan ramah kepada anda atau yang cemberut dan sombong? Atau sebagai karyawan, mana yang akan cepat dipromosi. Yang semangat dan murah senyum kepada setiap orang atau yang tiap hari kerjanya cemberut saja? Mana yang akan anda pilih? Anda dan saya sudah pasti akan memilih yang bersemangat dan murah senyum kepada setiap orang.
Begitu pula dalam perusahaan besar, perusahaan yang memiliki keramahan dan kedekatan dengan customerlah yang akan dicari-cari oleh orang banyak.
Senyuman mungkin hanya hal sepele, tetapi hal sepele ini dapat memberikan arti yang besar atas kesuksesan dan kekayaan sejati yang anda peroleh di dalam kehidupan keluarga maupun perusahaan anda.
Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang memiliki canda tawa di dalamnya, dan setiap anggota keluarga sepantasnya tersenyum bangga memiliki keluarga seperti keluarga anda saat ini. Sekarang, coba anda tanyakan kepada diri anda, apakah mereka bangga atau malu memiliki ayah, ibu atau anak seperti anda?
Sama halnya dengan perusahaan atau bisnis anda, hanya perusahaan yang memiliki karyawan yang ramah dan murah senyum yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan tersebut. Dan suasana bekerja menjadi lebih baik jika ada senyuman dan canda tawa di lingkungan kerja.
Milikilah senyum sejati di dalam hidup anda. Kekayaan dan kesuksesan sejati akan menghampiri kehidupan anda, jika anda bisa tersenyum dalam menghadapi masalah dan persoalan hidup.
Bagaimana dengan anda?
Salam ManTab (Manusia Tanpa Batas),
Mario Einstain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s