3 Jurus Jitu Mengelola Keseimbangan Keuangan Anda

Tiap orang diciptakan berbeda-beda. Begitu juga dalam mengelola keuangan. Saya sering menjumpai ada orang yang sedemikian boros dan royal tetapi disatu pihak ada juga orang yang sedemikian pelitnya dalam hidup ini. Bahkan buat keperluan dirinya sendiri pun sangat susah untuk mengeluarkan uangnya. Itu hanya salah satu contoh bagaimana mengelola uang saja.

Belajar dari hal itu, maka kita tahu bahwa disinilah dibutuhkan prinsip keseimbangan dalam hal mengelola keuangan untuk mencapai terobosan finansial (artikel saya sebelumnya) dalam arti yang sesungguhnya.

1. Seimbang antara bagaimana anda mencari dan bagaimana mengelola keuangan anda.
Mungkin kita sering bertemu dengan orang yang begitu pintar sekali dalam hal mencari uang. Orang tersebut memiliki sense of business yang sangat bagus, kreatif dan apa yang dikerjakannya selalu menghasilkan uang. Atau sama seperti pengalaman teman saya yang sangat rajin dan giat di kantor dan mendapatkan gaji yang baik tetapi tidak bisa mengatur keuangannnya.orang seperti ini adalah tipe orang yang pinter cari uang, tetapi sangat lemah dalam hal pengelolaan atau sebaliknya, ada orang yang sangat pintar mengelola, tetapi kurang pintar cari uang, sehingga kehidupannnya begitu-begitu saja. Idealnya jadilah orang yang pinter cari uang dan pinter juga mengelolanya keuangan

2. Seimbang kapan waktu harus menyimpan dan kapan waktu harus menggunakan.

Semakin mudah nya mendapatkan fasilitas kartu kredit, menjadikan kita dengan mudah nya gesek sana gesek sini untuk mendapatkan atau menikmati semua hal yang kita inginkan.Tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang terlalu royal dan sangat boros, orang- orang seperti ini sering terjerat dengan hutang, khususnya hutang melalui kartu kredit yang bisa dilakukan dengan sedemikian mudah nya. Orang seperti tida tahu kapan harus menyimpan dan kapan harus menggunakan. Sebaliknya ada juga orang yang terlalu pelit, sehingga untuk hal yang benar-benar dibutuhkan, ia harus berpikir seribu kali sebelum memutuskannya.

3. Seimbang antara kapan waktu buat menginvestasikan dan menikmati uang anda.

Baru-baru ini saya mendapat kepercayaan untuk menduduki posisi tertentu di dunia pasar modal, dan saya melihat suatu yang sangat mengejutkan yang baru-baru ini saya alami. Kebanyakan orang menginvestasikan uangnya untuk keperluan investasi baik melalui efek (surat berharga), bond, indeks, future dan aneka instrumen investasi lainnya. Dan mereka tidak tanggung-tanggung untuk menginvestasikan uangnya yang lumayan besar untuk mencapai keuntungan setinggi-tingginya. Namun apa yang terjadi, sikap ambil jalan pintas untuk kaya dengan cara ini justru mendatangkan kegagalan. Akibatnya mereka kehilangan uang tanpa sempat menikmati uang yang dengan susah payah dicari.

Dengan mengetahui 3 prinsip dalam mengatur keseimbangan keuangan, anda dapat menjadi pribadi yang MANTAB (Manusia Tanpa Batas) dalam mengelola keuangan anda. Dan pengelolaan keuangan yang MANTAB bisa memberikan keseimbangan dalam kehidupan anda dan keluarga.

Bagaimana dengan anda?

Salam MANTAB.

Mario Einstain

6 pemikiran pada “3 Jurus Jitu Mengelola Keseimbangan Keuangan Anda

  1. Artikel yang bagus Pak Mario…

    Masalah uang adalah masalah semua orang. Kebanyakan orang pandai menggunakannya saja tanpa berpikir bagaimana uang bisa bekerja untuk kita.

    Salam,
    Agus R

  2. To Mas Agus.

    pengeolahan dan pemanfaat uang yang baik bisa membuat kehidupan kita seimbang, jadi kita jangan hanya belajar mencari nya. tetapi juga mengelolanya supaya uang bekerja buat kita.

    Salam ManTab
    Mario Einstain

  3. keuangan sesuatu yang riskan. Kalo pandai mengatur dia akan menghasilkan, tapi kalo serampangan ya sudah ‘bablas’ dah…
    yang ada utang dan utang…
    menjadi menggunung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s