Lowongan CPNS di Departemen Keuangan

Bergabung Bersama Kami Membangun Bangsa

“Departemen Keuangan memberi kesempatan kepada para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pegawai di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia.”

Departemen KeuanganDepartemen Keuangan adalah salah satu departemen yang mempunyai fungsi strategis, karena hampir seluruh aspek perekonomian negara berhubungan dengan kebijakan Departemen Keuangan, antara lain perencanaan, penyusunan, serta pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu, terdapat pula kebijakan perpajakan; kepabeanan dan cukai; dan penerimaan negara bukan pajak. Termasuk pula kebijakan di bidang penyusunan dan alokasi anggaran; perbendaharaan negara; pengelolaan kekayaan negara; perimbangan keuangan pusat dan daerah; pengelolaan utang; serta pasar modal dan lembaga keuangan non-bank.

Departemen Keuangan memiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, yang memberikan layanan langsung kepada masyarakat, dengan jumlah pegawai mencapai 63 ribu orang. Oleh karena itu, menjadi wajar bila publik menuntut profesionalisme birokrasi Departemen Keuangan yang mampu menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik kepada publik.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut Departemen Keuangan melaksanakan Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk (i) menciptakan aparatur negara yang bersih, profesional, dan bertanggung jawab, serta (ii) menciptakan birokrasi yang efisien dan efektif sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang prima.

Proses Reformasi Birokrasi yang saat ini tengah berjalan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, bebas dari segala bentuk korupsi, dan penyalahgunaan jabatan serta memiliki keinginan untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, mampu memenuhi rasa keadilan masyarakat, dan mendahulukan kepentingan rakyat.

Apabila anda, putera-puteri terbaik Indonesia, berminat serta mempunyai kemampuan, integritas, dan komitmen kuat untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, sekaligus berkeinginan berperan dalam proses transformasi bangsa menuju masyarakat adil, makmur, dan berperadaban tinggi, kami memberikan kesempatan untuk bergabung bersama di Departemen Keuangan.

Departemen Keuangan memberi kesempatan kepada para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pegawai di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia.

Selamat Bergabung.

Sekretaris Jenderal

ttd.

Mulia P Nasution
NIP 060046519

Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berusia minimal 18 tahun pada tanggal 30 Juni 2008;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
  6. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian, dan keterampilan yang diperlukan;
  7. Berkelakuan baik;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Bersedia bekerja pada instansi-instansi dalam lingkungan Departemen Keuangan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3.00 dalam skala 4 bagi lulusan Sarjana (S1) dan 3.25 dalam skala 4 bagi lulusan Pasca Sarjana (S2);
  2. Umur pada tanggal 30 Juni 2008, tidak lebih dari 27 tahun bagi pelamar lulusan S1 non Akuntan beregister (batas tanggal lahir 30 Juni 1981 dan setelahnya), dan 30 tahun bagi pelamar lulusan S1 Akuntan beregister dan S2 (batas tanggal lahir 30 Juni 1978 dan setelahnya).

PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN
PENYARINGAN/PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2008
MELALUI APLIKASI INTERNET (ONLINE)

  • Petunjuk UmumBacalah terlebih dahulu persyaratan umum pendaftaran sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagaimana tersebut pada menu persyaratan;
  • Petunjuk Pengisian Formulir
    1. Pilih menu pengisian formulir. Bacalah terlebih dahulu persetujuan pendaftaran secara seksama, apabila Anda menyetujui maka pilih pada option “Saya Setuju” kemudian pilih tombol “Lanjut”, setelah itu akan muncul form pendaftaran;
    2. Isi semua kolom isian dalam form tersebut sesuai dengan data Anda. Adapun form pendaftaran dimaksud adalah sebagai berikut:
      • Nama Lengkap
        Isikan nama lengkap Anda (tanpa gelar) dengan huruf kapital sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
      • Tempat Lahir
        Isikan tempat lahir Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
      • Tanggal Lahir
        Isikan tanggal lahir Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.

        • Usia pelamar minimal 18 tahun;
        • Untuk lulusan S1 usia maksimal adalah 27 tahun;
        • Untuk lulusan S1 akuntan (beregister) usia maksimal adalah 30 tahun;
        • Untuk lulusan S2 usia maksimal adalah 30 tahun;
        • Batas usia dihitung per tanggal 30 Juni 2008.
      • Jenis Kelamin
        Silakan pilih pada salah satu option “Laki-Laki” atau “Perempuan” sesuai dengan KTP.
      • Tingkat Pendidikan
        Pilih tingkat pendidikan sesuai dengan dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
      • Kualifikasi Pendidikan
        Pilih salah satu kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
      • Apakah Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri?
        Pilih “Ya” apabila Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri, pilih “Bukan” apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri.
      • IPK (Skala 4)
        Apabila Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri, silahkan cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah sebagai berikut:

        • IPK minimal bagi lulusan S1 untuk semua jurusan adalah 3.00;
        • IPK minimal bagi lulusan S2 untuk semua bidang studi adalah 3.25.

        Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, maka konversi IPK Anda akan dilaksanakan oleh Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan pada saat pendaftaran ulang.

      • Nomor Ijazah
        Isikan nomor ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
      • Tanggal Ijazah
        Isikan tanggal ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
      • Nama Perguruan Tinggi
        Isikan Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bagi Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, pastikan Anda telah memiliki surat keputusan penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional.
      • Pilihan Unit Kerja
        Silahkan memilih Unit Kerja yang Anda kehendaki.
      • Tempat Daftar Ulang dan Tes Yang Diinginkan
        Pilih salah satu tempat pendaftaran ulang dan tes yang Anda kehendaki.
      • Nomor KTP
        Isikan nomor KTP Anda yang masih berlaku.
      • Tanggal Berlaku KTP
        Cantumkan tanggal masa berlaku KTP Anda yang masih berlaku.
      • Kode Pengamanan
        Isikan kode pengaman sebagaimana tersebut pada gambar diatas dengan tepat.
    3. Setelah selesai mengisi formulir:
      • Periksa dan pastikan terlebih dahulu apakah isian dimaksud sudah benar;
      • Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar silahkan pilih “simpan“ untuk selanjutnya melakukan pencetakan/download formulir;
      • Apabila isian dimaksud dianggap masih ada kesalahan, silahkan perbaiki isian sesuai dengan data yang benar.
    4. Untuk mencetak hasil pengisian formulir pendaftaran tersebut silahkan pilih tombol cetak formulir, dan tombol download untuk mendapatkan file pdf atas hasil pengisian pendaftaran Anda;
    5. Nomor registrasi yang Anda peroleh setelah pengisian formulir pendaftaran secara benar merupakan identitas pendaftaran yang akan digunakan pada saat pendaftaran ulang, oleh sebab itu harap diingat dan disimpan dengan baik;
    6. Apabila pada saat pendaftaran ulang Anda tidak bisa menunjukkan nomor identitas registrasi dengan benar sesuai database kami, maka pendaftaran Anda dianggap tidak sah/batal;
    7. Setiap nama yang telah terdaftar hanya memiliki satu nomor identitas registrasi. Setiap identitas nomor registrasi yang dianggap benar dan sah adalah nomor identitas registrasi yang terekam dalam database kami.
  • Petunjuk Pendaftaran Ulang
    1. Pelamar dapat melihat pengumuman tempat dan waktu daftar ulang pada tanggal 11 Juli 2008 pada website ini;
    2. Pelamar melaksanakan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan;
    3. Pada saat pendaftaran ulang, pelamar harus membawa:
      • Formulir Pendaftaran yang telah dicetak dan ditandatangani serta dibubuhi pas photo;
      • Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri;
      • Daftar Riwayat Hidup Singkat;
      • Foto copy Ijazah Asli (S1/S2) (dengan menunjukkan ijazah asli) dan untuk lulusan Perguruan Tinggi Swasta Status Diakui dan Terdaftar harus melampirkan foto copy Ijazah Asli Ujian Negara (Tanda Lulus Sementara/Surat Keterangan Lulus Tidak Berlaku). Baik S1 maupun S2 kesarjanaan harus mendapat akreditasi dari Departemen Pendidikan Nasional dengan ketentuan ijazah Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan. Bagi Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib menyampaikan foto copy surat keputusan penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional (dengan menunjukkan surat keputusan penyetaraan asli);
      • Khusus untuk Sarjana Akuntan (beregister), melampirkan foto copy sertifikat Akuntan (dengan menunjukkan sertifikat Akuntan asli);
      • Foto copy transkrip (dengan menunjukkan transkrip asli);
      • Pas Photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
      • Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk asli);
      • Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 (blanko Surat Pernyataan dapat di-download dan dicetak dari website ini). Semua dokumen agar dimasukkan ke dalam stofmap.
    4. Apabila semua persyaratan telah dipenuhi maka pelamar akan memperoleh Tanda Peserta Ujian (TPU). Apabila persyaratan tersebut tidak terpenuhi maka pelamar dinyatakan tidak dapat memperoleh TPU.

Semoga Berhasil Yaa…

Salam MaTaB ( Manusia Tanpa Batas )

Mario Einstain

http://www.marioeinstain.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s